Rabu, 20 Januari 2010

USAHA BISNIS MIE AYAM & BAKSO

KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala kekuatan yang telah dilimpahkan kepada saya, sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan baik.
Makalah ini di buat berdasarkan tugas mata kuliah  Pengantar Bisnis yang dibimbing oleh bapak Anasta Surya Ginting. Dan atas kelemahan dan kekurangan saya mohon maaf yang sebenar-benarnya, semoga makalah ini dapat berguna bagi kita semua.
Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, segala kritik dan saran untuk kebaikan sangat saya harapkan. Semoga Allah memberi taufiq dan hidayahnya. Amiiin…………
Penulis
BAB I
Pendahuluan
1. 1  Latar Belakang
Di zaman sekarang ini sulitnya mencari pekerjaan menyebabkan banyaknya pengangguran, Hal inilah yang menyebabkan seseorang membuat usaha bisnis. Usaha bisnis tidak mesti besar akan tetapi usaha kecil menengah (UKM) pun sudah dapat mengurangai jumlah pengangguran di zaman sekarang ini. Usaha bisnis yang paling di butuhkan oleh masyarakat adalah dalam hal makanan karena makanan merupakan suatu kebutuhan yang harus di penuhi oleh manusia.
Menurut dari hasil pengamatan saya selama ini di masa yang modern ini atas banyaknya konsumen yang menyukai atau menggemari berbagai hal yang cepat saji, salah satunya yang paling banyak di gemari oleh konsumen adalah makanan yang serba instant. Maka di masa ini banyak sekali seorang produsen atau pedagang yang menjual makanan yang cepat saji atau bisa disebut juga makanan yang instant.
Hal ini sangat berhubungan dengan dunia bisnis. Maka pada makalah ini saya akan membahas mengenai bisnis berjualan Mie Ayam dan Bakso. Dan sebagai contohnya saya mengambil cerita atau sejarah dari sebuah panjaul bakso yang ada di dekat rumah saya yang di beri nama “ Mie Ayam & Bakso NUSANTARA”.
1. 1. 2  Perumusan Masalah
Berdasarkan dari latar belakang masalah yang telah saya uraikan, maka saya dapat merumuskan masalah apasaja yang ada di dalam materi ini yaitu  sebagai berikut:
C       Apa latar belakang anda membuat usaha bisnis ini ?
C       Mengapa anda menentukan produk atau jenis usaha bisnis yang seperti ini?
C       Bagamana cara anda agar usaha bisnis ini dapat berkembang?
1. 1. 3  Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan ini adalah karena ingin mengetahui jawaban serta solusi dari perumusan masalah yang telah saya uraikan di atas, Selain itu saya juga ingin mengetahui bagamana prospek bisnis ini untuk jangka panjang.
1. 1. 4  Metode Penelitian
Metode yang saya lalui dalam penyusunan penulisan ini antara lain dengan mewawancara seorang yang berusaha bisnis ini dan dari berbagai sumber yang berhubungan mengenai usaha bisnis ini.
1. 1. 5  Kegunaan Penilitian
Kegunaan dari diadakannya penilitian ini dikarenakan karena keingintahuan  saya dalam usaha bisnis ini. Selain itu, saya juga ingin mengetahui kenapa pada zaman sekarang ini banyak sekali seorang pembisnis yang memilih berusaha bisnis makanan yang cepat saji atau yang lebih dikenal dengan makanan yang instant seperti misalnya Mie Ayam dan Bakso ini. Oleh karena itulah pada penulisan kali ini saya akan membahas mengenai hal ini.
BAB II
ISI
C                  Sejarah atau latar belakang dari usaha bisnis jualan Mie Ayam & Bakso
Latar belakang saya ( orang yang membuat usaha bisnis Mie Ayam & Bakso ) membuat usaha bisnis ini dikarenakan karena pada zaman sekarang ini banyak sekali masyarakat atau sebagai pihak konsumen ingin mencari atau mendapatkan makanan yang cepat saji (instant). Oleh Karena itu saya sebagai seorang yang ini membuat usaha bisnis tertarik akan adanya hal seperti ini, dan saya ingin membuat atau membuka suatu usaha bisnis makanan yang sedang digemari oleh masyarakat tersebut.
Pada awal mulanya saya bingung usaha apa yang saya ingin buat, tetapi karena dilihat dari segi kebutuhan (keinginan) konsumen saat ini yang menginginkan makanan yang cepat saji, maka saya mencoba untuk membuat usaha bisnis makanan. Lalu setelah saya pilih-pilih jenis makanan apakah yang saya ingin buat maka akhirnya saya berkeinginan untuk memilih jenis makanan Mie Ayam & Bakso.
Saya menyadari bahwa bisnis makanan seperti ini sudah ada banyak sekali. Akan tetapi saya tahu bahwa setiap orang itu memiliki perbedaan masing-masing. Oleh karena itu, saya akan membuat usaha ini memiliki ciri khas dari usaha yang sudah ada kebanyakan.
Saya memang baru memulai usaha bisnis ini pada awal-awal tahun ini, akan tetapai Alhamdulillah usaha bisnis ini cukup menguntungkan. Dengan adanya ciri khas yang dimiliki oleh usaha saya ini seperti dari cara penyajian makanannya, dari cara tatanan tempat duduk serta peralatan untuk makannya, serta dari lokasi tempat penjualan kami yang strategis, membuat usaha bisnis kami ini sedikit berbeda dengan yang lainnya.
Selain itu Para pengunjng pun merasa enak, nyaman, serta puas atas cirri khas yang di miliki oleh kami ini. Saya memang hanya membuka usaha bisnis ini dari sore hingga malam saja, Hal ini dikarenakan karena kalau sore atau malam banyak masyarakat yang sudah selesai atau sudah pulang dari rutinitasnya dalam sehari itu, seperti yang sekolah, kuliah, serta yang bekerja pun telah selesai mengerjakan tugasnya. Selain itu karena letak tempat usaha saya ini yang cukup strategis yaitu dipinggir jalan raya sehingga mudah unuk di ketahui, ditemui serta dapat di jangkau oleh masyarakat. Dan dari semua hal inilah yang menyebabkan usaha bisnis saya ini dapat berjalan sampai sekarang ini.
C                  Mengapa anda menentukan produk atau jenis usaha bisnis yang seperti ini?
Seperti yang telah saya uraikan sebelunya alasan saya menentukan jenis usaha makanan ini karena di lihat dari tingkat kebutuhan dan keinginan masyarakat sekarang ini. Lalu alasan saya memtukan produk atau jenis makanan ini juga Karena di lihat dari banyaknya keinginan masyarakat yang menginginkan makanan yang cepat saji serta kalau Mie Ayam dan Bakso ini kan tidak terbatas dari kalangan apapun semua kalangan dapat menikmatinya serta rasa Mie Ayam dan bakso ini yang segar dapat membuat masyarakat tertarik untuk memakannya karena kurang lebih keinginan dari masyarakat adalah suatu makanan atau minuman yang dapat menyegarkan atau membangkitkan semangat.
C                  Bagamana cara anda agar usaha bisnis ini dapat berkembang?
Cara saya untuk dapat mengembangkan usaha bisnis ini yaitu melalui berbagai cara salah satunya seperti cita rasa yang telah saya uraikan sebelumnya. Baik dari segi rasa, harga yang relative untuk di kalangan masyarakat bawah, serta kepuasan konsumen adalah pokok terpenting dari didirikannya usaha ini. Dari segi harga saya memberikan harga sebagai berikut :
Mie  Ayam                     : Rp. 6000
Bakso                               : Rp. 5000
Mie Ayam Bakso         : Rp. 8000
Mie Ayam Pangsit     : Rp. 8000
Mie Ayam Jamur       : Rp. 8000
Di lihat dari rincian harga di atas dapat kita ketahui bahwa harga yang kami tawarkan relative Oleh karena itu dari semua cara yang telah dilakukan inilah yang menyebabkan usaha bisnis saya dapat berjalan sampai sekarang ini.
C                  Bagaimana Keuntungan dan Kerugian dari penjualan dalam usaha ini ?
Keuntungan dari usaha bisnis ini adalah dari segi pendapatan yang cukup besar, sehingga dapat menutupi modal awal kita.  Selain itu bisnis ini juga memiliki kerugian. Kita telah mengetahui bahwa bisnis ini telah menjamur dimana-mana, akan tetapi kita pun menyadari bahwa semakin banyak pula pesaing kita dalam memperoleh pelanggan. Apalagi jika misalnya ada suatu usaha bisnis yang memberikan pelayanan yang lebih baik dari kita maka para konsumen akan cepat sekali beralih ke produsen lainnya. Oleh karena itu kita harus jeli  dalam menjalankan bisnis ini agar usaha bisnis kita ini dapat berkembang dan kita juga harus mempertahankan mutu dan kehigenisan dari produk kita.
?                Hal-Hal apa saja yang diperlukan  untuk memulai bisnis makanan ini
F Modal
Untuk membuka usaha makanan seperti ini modal yang di butuhkan lumayan cukup besar, Akan tetapi tergantung dari jenis usaha yang akan di buat apakah bentuk bisnis yang besar atau bisnis yang untuk kalangan bawah misalnya dengan menggunakan gerobak keliling                 . Untu usaha yang saya buat ini membutuhkan modal sekitar Rp. 30.000.000                            Dengan modal sebesar itu kita dapat membeli : Perlengkapan untuk memasak, peralatan untuk makannya, seperti piring, mangkuk, sendok, garpu( sumpit), serta alat-alat pelengkap lainnya, Selain itu dengan modal sebesar ini kita juga sudah dapat membayar untuk penyewaan tempat dan Biaya-biaya lainnya.
F Pemilihan Tempat
Dalam hal pemilihan tempat harus yang letaknya startegis sehingga bisnis ini dapat berkembang dengan baik.
F Pemilihan Karyawan
Dalam memilih karyawan harus benar-benar seseorang yang ahli dalam hal memasak karena kalau yang tidak ahli nanti makanan kita akan kurang enak sehingga hal ini dapat menyebabkan bisnis kita rugi karena banyaknya pengunjung yang tidak suka dan akhirnya bisnis kita ini dapat manjadi gulung tikar.
F Promosi
.Promosi dapat dilakukan dengan cara menyebarkan brosur ke masyarakat disekitar tempat jualan kita.Bila perlu dengan adanya promosi harga yang lebih murah dari harga normalnya untuk menarik perhatian masyarakat


BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Berdasarkan uraian yang telah saya jelaskan maka saya dapat mengambil beberapa kesimpulan                                  yaitu sebagai berikut :
?                      Dengan adanya penelitian seperti ini kita dapat mengerti alasan seseorang mendirikan usaha bisnis ini
?                      Dalam usaha bisnis ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan oleh masyarakat karena untuk membuat usaha ini biayanya relative standar untuk masyarakat dan dari kalangan kelas apapun dapat membuatnya.
?                      Banyak cara yang dapat membuat usaha bisnis ini berkembang, yaitu dari segi tempat, mutu, harga, serta kualitas dari produk yang kita pakai.
3.2 Saran
Pada kesempatan ini saya ingin memberikan saran kepada masyarakat yang ingin membuat bisnis baru terutama bagi pemula khususnya antara lain adalah sbb:
1. 1.     Mempunyai modal yang besarnya sesuai dengan bisnis yang akan kita jalankan
2. 2.     Pemilihan tempat dan promosi merupakan faktor yang penting dalam berwirausaha
3. 3.     Kita harus berfikir kritis terhadap keadaan yang ada,dalam bisnis harus update agar usaha kita dapat bertahan
4. 4.     Mempunyai kreativitas tinggi untuk menciptakan terobosan-terobosan baru sehingga usaha kita dapat berkembang.
5. 5.     Yang paling penting dalam memulai bisnis jangan mempunyai perasaan takut akan kegagalan yang berlebihan karena hal itu akan menghambat jalannya usaha.Usaha tidak akan berkembang hanya jalan ditempat karena adanya persaan yang berlebihan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar